Rabu, 19 Desember 2012

CARA MEMBUAT PONSEL JADI TAHAN AIR

                                     CARA MEMBUAT PONSEL JADI TAHAN AIR


bahan dan alat
1. Plastik wrap
2. Cutter
3. Gunting
4. Obeng ponsel

Langkah pengerjaan

langkah 1
buka casing ponsel dimulai dari bagian belakang dimana baterai berada

langkah 2
buka semua baut dan mur yang ada. Pada percobaan ini menggunakan ponsel jadulku NOKIA 3110c dimana setelah semua baut dibuka, untuk mengangkat casing kita gunakan cara 'unplug' yang bisa menggunakan kuku atau 'clip gitar'.

langkah 3
angkat bagian mesin dengan menggunakan kuku, sehingga terlihat casing depan bersama keypad.

langkah 4
ambil 'plastic wrap', letakkan mesin ponsel dengan posisi telungkup. Ukur kira-kira seberapa banyak plastic wrap yang akan digunakan kemudian digunting. Lebih baik bila plastik dibuat lebih dari ukuran yang dibutuhkan dari pada ternyata nanti kurang yang mengakibatkan kita mengulang kembali pemotong plastic. Lipat plastic hingga menutupi belakang mesin.

langkah 5
gunting kelebihan plastic pada bagian atas dan bawah. Jangan lupa, pada bagian menuju konektor speaker, plastic disobek sedikit sesuai dengan ukuran konektor dengan menggunakan 'cutter' atau pisau tajam. Agar ketika ponsel dihidupkan nanti tidak ada konektor yang tertutupi oleh plastic.

langkah 6
masukkan mesin yang telah terbungkus. Sama seperti sebelumnya, pada bagian konektor baterai dan sim card, plastic disobek sesuai dengan ukuranya. Baut dipasangkan kembali ketempatnya.

langkah 7
pasang casing belakang, masukkan sim card dan pasang ke empat baut yang ada. Masukkan baterai dan pasangkan penutup baterai.

langkah 8
hidupkan ponsel. Tes komunikasi agar ketahuan bahwa fungsi ponsel tidak ada gangguan. Bila ponsel tidak terdengar suara berarti konektor menuju speaker yang masih terhalang plastic. Pada bagian layar bila 'led' tidak menyala biasanya akan terlihat sedikit kerutan akibat dari penempatan plastic yang kurang rapi. Namun bila 'led' dalam keadaan hidup, kerutan tersebut tidak akan terlihat...

Selamat mencoba,sobat...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More